Headlines News
Home » » Membuat Report Absensi Bagian Tiga

Membuat Report Absensi Bagian Tiga

Tuntas Sudah Janji Penulis Untuk Berbagi Tutorial Absensi Yang Sebelumnya Penulis Publish,Tutorial Kali Ini Penulis Mencoba Membuat Laporan Dengan Fungsi Sql, Perlu Diketahui Dalm Ttutorial Ini Penulis Memberikan Gambaran Secara Umum Tidak Hanya Pada Program Yang Penulis Kerjakan, Jadi Mungkin Agak Sedikit Membingungkan, Tapi Tenang Aja Konsepnya Tetap Sama.

Satu Hal Yang Perlu Penulis Sampaikan Permohonan Maaf Atas Keterlambatan Posting Part Iii Ini, Maklum Penulis Sedang Mengerjakan Ta , So, Sibuk Bos ..Walaupun Demikian Penulis Ucapkan Terimakasih Atas Apresiasi Atas Kunjungan Ke Blog Yang Sderhana Ini………Thanks Guys..!

Salah satu yang terpenting dalam membuat suatu Program adalah output program itu sendiri . ada report yang bersifat tampil dan adapula report yang bersifat cetak misalnya saja ingin membuat report dengan menampilkan field -field tertentu , Mungkin untuk Program Acses anda sudah tidak pusing-pusing lagi karena ada fasilitas Parameter dan filter .Tapi bagaimana data report Pada Vb ?, ya inilah persolaan yang akan kita bahas kali ini. Ternyata masih banyak orang yang belum tahu bahkan baru tahu misalnya saja saya,….he……he…….

Dalam sebuah program tentunya harus bersifat efiesien dan efektif , begitu pula dengan data report misalnya dari database transaksi kita hanya ingin melihat (mencetak ) data transaksi pada taggal tertentu dengan kode tertentu, maka pada tabel transaksi tersebut diperlukan sebuah parameter bukan ?,.

Yup kita mulai saj kali ya , tai sebelumnya kita buat dulu database misalnya saya punya database + Form yang udah jadi , maka saya tinggal membuat reportnya dengan cara pada Add Data Enviorenment ,



Kalau muncul kotak kayak gini  -klik kanan pilih properties-pada bagian -conection buat Command dengan nama ParameterTanggal connection.-klik OK.



Oh ya. Pada bagian DataEnvioronment ganti jadi=Dta_sql,

Terus pada connection=SQLkonection

Pada Command1=Parameter tanggal.


Pada bagian ini kita akan menhubungkan kedatabase kita, caranya Klik kanan pada SQlKonection-pilih Properties- setelah munculkotak dialog kaya diatas pilih Microsoft jet 4.0 OLE DB Provider, sebagai mesin penghubung, dan tentunya anda juga bisa menggunakan Sql mialnya asal database yang kita buat menggunkan SQL.

Sekarang klik Next- pada bagian Select Or to Enter a dtatabase name:, lkamu pilih database yang sudah kamu buat, dengan cara mengklik pada bagian:



Untuk mencoba apakah telah terkoneksi coba ada klik Test Connection, jika berhasil maka ada pesan yang menyatakan Bahwa telah berhasil terhubung.

Sekarang klik Ok Untuk menyetujuinya.

Selanjutnya kita pilih-ParameterTanggal-klik Kanan-pilih Properties-sampai muncul kotak dialog:



Pilih aja database Object :table,

Object Name: (Sesuaikan dengan table yang telah kita buat), sbenernya kita tidak akan menggunakan ini, hanya saja untuk mempermudah sewaktu kita membuat sytak sql-nya. Sekarang kita klik sqlStatement ,



Pilih parameter tanggal -klik kanan-build SQL terus masukan Sintaknya :

SELECT *

FROM data_hasil

WHERE pelajaran = ?

Pada sintak ini kita hanya mennggunakan satu parameter saja jika anda ingin mennggunkan lebih dari satu , maka cukup menmabahkan Penghubung AND kayak contoh ini nih:

SELECT *

FROM data_hasil

WHERE kelas = ? AND pelajaran = ?

Cukup mudah bukan , kalau udah kita simpan atau klik OK,

Selanjutnya kita buat laporannya pada data Envioronment klik kanan-terus pilih add data Report – beri nama=datareport2-selanjutnya klik pada bagian Properties -pada setingan Data source = Dta_sql, dan data membernya Parameter tanggal, kemudian desaign laporan yang anda inginkan , selanjutnya kita buat form untuk menginput data yang akan kita cetak. Saya akan kasih contoh Form yang saya buat pada kasus ini saya hanya ingin mencetak data_hasil berdasarkan kelas dan Pelajaran, mungkin kayak gini nih, oh ya mungkin anda sedikit bertanya-tanya, mengapa saya menjelaskan  berbeda. Pada saat pembuatan conection dan command  saya menjelaskan menngunkan kasus data transaksi tapi pada saat pembuatan datarepot  saya gunakan kasus data Hasil ujian siswa.Maklum saya lagi males mesti design DataRepot yag baru sory ya , tapi tenang hasilnya pasti sama and yang pastinya kalau emang enggak mudeng Tanya aja ya… J.

Oke ini dia formnya:



Buat aja yang simple :

Kelas/bagian: Text3

Pelajaran: Text2  , untuk name biarkan =command1 aja biar gak ribet.

Klik dua kali pada bagian command 1.=cetak dan masukan listing berikut ini:

Private Sub command1_klik()

X=msgBox(“Apakah anda akan memcetak Hasil ini”, vbYesNO+VbQuestion,”Informasi”)

If x=vbYes then

Dim DE As Dt_sql

Set DE = New Dt_sql

DE.Command1 Text2.Text, Text3.Text

Text3.SetFocus

DataReport2.Show

Else

Exit sub

Text3.text=” “

Text2.text=” “

End If

End Sub

Kalau udah sekarang kita jalankan Form input yang telah kita buat , selanjutnya anda coba masukan kelas=”XI-A” dan Pelajaran =”Biologi” siswa, Klik Print dan pilih Yes untuk menyetujui nya

gbr8_rpt_vb_sql

Uhuy…….berhasil euy , seperti iutulah caranya anda juga bisa memanipulasi tabel yang akan anda jadikan sebagai laporan dengan menggunkan Perintah Sql yaitu : join atau Oreder BY , Iner Join selamat mencoba semoga membantu oke ….he…he.. J

Good Luck aja Dech
Sobat sedang membaca artikel Aplikasi Online tentang Membuat Report Absensi Bagian Tiga dan Sobat bisa menemukan artikel Membuat Report Absensi Bagian Tiga ini dengan url Sobat boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Membuat Report Absensi Bagian Tiga ini sangat bermanfaat bagi teman-teman, namun jangan lupa untuk meletakkan link Membuat Report Absensi Bagian Tiga sumbernya.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Free Aplikasi Full Version - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger